Bunda Harus Tau!!! INILAH Panduan Berhasil supaya Produksi ASI Melimpah... Begini Caranya.

Berbagai studi katakan, ASI yaitu hanya satu sumber makanan yang dibutuhkan bayi mulai sejak ia lahir sampai enam bln. pertama hidupnya. ASI mengandung beragam unsur gizi esensial yang diperlukan bayi untuk bertumbuh dengan sehat.
Diluar itu, didalam ASI juga terdapat zat antibodi alami yang dapat membuat perlindungan bayi dari kemungkinan infeksi atau terkena penyakit. Itu penyebabnya, beberapa ibu disarankan untuk segera menyusui bayinya demikian si kecil lahir ke dunia. Semakin cepat bayi menyusu, diantaranya lewat sistem Inisiasi Menyusui Awal (IMD), jadi yang akan datang kesibukan menyusui akan jadi lebih lancar. Jika Ibu menjumpai tantangan dalam menyusui, jangan segera menyerah, ya. 
Ada berbagai panduan berhasil yang bisa Ibu kerjakan untuk bikin produksi ASI kembali melimpah, seperti yang disampaikan dr. Wiyarni Pambudi, SpA IBCLC, anggota Satgas ASI IDAI, Ketua Sentra Laktasi Indonesia (SELASI), Kepala Departemen Pengetahuan Kesehatan Anak FK Kampus Tarumanagara. 
1. Janganlah Ragu dan Gelisah 
Satu diantara segi paling utama lancarkan produksi ASI yakni perasaan Ibu saat menyusui. Tingkat kesuksesan menyusui demikian dipengaruhi oleh keyakinan Ibu dan rasa meyakini dirinya dalam menyusui. Bila Ibu ragu atau gelisah karena merasa produksi ASI-nya tidak memenuhi, kesibukan menyusui dapat juga terhalang. Jadi, harus yakin diri dan yakini ya Mam, bila ASI tentu bisa keluar dan cukup untuk si kecil. 
2. Mengkonsumsi Gizi Seimbang 
Ibu mungkin saja pernah mendengar, jenis makanan khusus, seperti daun katuk, disadari dapat lancarkan produksi ASI. Namun, berbagai penelitian menunjukkan, nyatanya tidak ada tipe atau jumlah makanan ataupun minuman khusus yang merubah volume ASI pada ibu menyusui yang mempunyai status gizi baik. Jadi, ibu menyusui dapat makan apa sajakah seandainya ikuti komposisi gizi seimbang dan makanan yang dikonsumsi tidak mengandung zat beresiko untuk kesehatan 
3. Pandangi dan Usap Kulit Bayi 
Adakalanya Ibu menyusui dalam kondisi kelelahan dan kurang tidur. Agar kesibukan menyusui tidak merasa berat, Ibu dapat fokus perhatian pada bayi. Pandangi dan usap-usap kulitnya hingga terwujud kedekatan emosional (bonding) pada Ibu dan bayi. Sepanjang menyusui, hormon prolaktin dan oksitosin ikut diproduksi dan membuat Ibu merasa nyaman. 
4. Menyenangkna Diri Sendiri 
Di sela-sela kegiatan mengurus si kecil, Ibu bisa lakukan satu hal manfaat mengasyikkan sendiri. Misalnya, mengobrol dengan sahabat,  kerjakan perawatan diri di salon, atau beli 
makanan favorite. Ibu yang bahagia, tubuhnya dibanjiri oleh hormon oksitosin hingga produksi ASI-nya semakin lebih melimpah. 
5. Teratur Menyusui, Memompa dan Memerah ASI 
Apabila keadaan Ibu tidak sangat mungkin untuk menyusui bayi terus-menerus, umpamanya, karena Ibu harus bekerja, ASI bisa dipompa memakai alat khusus atau diperah dengan tangan. 
Pada prinsipnya, semakin kerap ASI dikeluarkan, produksinya juga makin melimpah. 
6. Cari Posisi Aman 
Yang disebut posisi yakni cara Ibu mendekap bayi saat menyusui. Yakinkan Ibu duduk atau tiduran dengan nyaman, lalu dekap atau gendong bayi hingga mukanya menghadap ke pyd4ra Ibu dan badan bayi menghadap ke badan Ibu. Jika kepala bayi lebih rendah dari pydara Ibu sampai ia harus mendongak saat menyusu, bermakna posisi sudah benar. 
7. Pelekatan Tepat 
Pelekatan yaitu letak mulut bayi pada pyd4ra Ibu saat ia tengah menyusu. Pelekatan yang benar yakni mulut bayi menutupi hampir semua areola (sisi atas masih tetap terlihat semakin banyak dibanding sisi bawah), bibirnya terlipat ke luar dan bukanlah kedalam, dan dagu bayi menempel pada p4yud4ra Ibu. Pelekatan yang cocok ini dapat juga jauhi munculnya lecet pada payudara. 
8. Menyusui di Malam Hari 
Kalau bayi terbangun pada malam hari, selekasnya susui ya, Mam. Pasalnya, seperti terdaftar dalam website Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), satu diantara hormon yang ikut lancarkan produksi ASI, yakni prolaktin, semakin banyak diproduksi di waktu malam. 
9. Pijat p4yud4ra 
Memijat pyd4ra berguna dalam melancarkan produksi ASI sekalian jauhi terjadinya pembengkakan pada pyd4ra. Untuk membantu memijat pydara, pakai losion atau baby oil. 
Ibu dapat juga minta tolong Ayah untuk melakukan pijat p4yud4ra. Contoh tehnik memijat pyd4ra : Sangga sisi bawah p4yud4ra dengan satu tangan, lalu tangan yang lain memijat dengan gerakan melingkar dari pangkal pyd4ra ke arah areola. Lakukan minimal 30 kali pada satu p4yud4ra. 
10. Praktikkan Hypnobreastfeeding 
Teknik ini bertujuan memasukkan kalimat motivasi ke alam bawah sadar Ibu hingga Ibu jadi lebih semangat untuk menyusui. 
Pertama-tama Ibu butuh melakukan relaksasi dalam posisi duduk atau berbaring. Tenangkan diri, lalu pusatkan fikiran. Setelah Ibu relaks dan fokus, awalilah memasukkan sugesti positif melalui kalimat-kalimat afirmasi. Pegang ke-2 p4yud4ra Ibu dan percayalah bila Ibu tentu bisa menyusui si kecil sesuai sama kebutuhannya .

CAR,FOREX,DOMAIN,SEO,HEALTH,HOME DESAIN

0 Response to " Bunda Harus Tau!!! INILAH Panduan Berhasil supaya Produksi ASI Melimpah... Begini Caranya. "

Post a Comment